Sarjana Kependidikan Guru Dalam Jabatan
Universitas Muhammadiyah Malang
Sarjana Kependidikan Guru Dalam Jabatan
Universitas Muhammadiyah Malang

Profil


Undang-undang  Republik  Indonesia  Nomor  14  Tahun  2005  tentang  Guru  dan Dose menegaska bahwa  guru   wajib  memilik kualifikasi  akademik,  kompetensi, sertifika pendidik,   seha jasmani   da rohani sert memiliki   kemampua untuk mewujudkan  tujuan  pendidikan  nasional  (pasal  8).  Namun  demikian,  jumlah  guru  dari berbaga satua pendidika (TK SD SMP SMA SMK da SLB)   yan harus ditingkatkan  kualifikasi  akademiknya  mencapai  1.456.491  orang atau  63%  dari  jumlah guru yang ada di Indonesia, di luar guru yang di bawah pengelolaan Departemen Agama (RA, MI, MTs, MA, dan MAK). Oleh karena itu, solusi inovatif yang ditawarkan dalam penyelenggaraan pendidikan yang memungkinkan guru memiliki kesempatan lebih luas, berkualitas dan tidak mengganggu tugas serta tanggung jawabnya, adalah penyelenggaraan Program Sarjana (S1) Kependidikan bagi Guru dalam Jabatan.

 

Universita Muhammadiya Malang  dipercay ole Departeme Pendidikan Nasional (Depdiknas)   untuk    menyelenggarakan    program    tersebut    melalui    Surat Keputusan  Nomor:  015/P/2009.  Program  Sarjana  (S1)  Kependidikan  bagi  Guru  dalam Jabata adala suat progra penyelenggaraa pendidika yan secara   khusus diperuntukkan bagi guru tetap dalam jabatan.

          
Program  ini  dalam  proses  perkuliahannya  menggunakan  pendekatan  dual  mode melalui pengintegrasian sistem pembelajaran konvensional (tatap muka di kampus atau  termediasi da sistem pembelajara mandiri  denga menggunaka Information Technology dengan sistem penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

 

      
             Di samping mendapatkan kemudahan dalam proses perkuliahan, peserta program ini  juga memperoleh Pengakuan  Pengalaman  Kerja  dan  Hasil  Belajar  (PPKHB)  yang dikonversi dalam Sistem Kredit Semester (SKS), sebagai pengurangan beban studi yang harus ditempuh.

      
            Keuntungan  dari  Program  Sarjana  (S1)  Kependidikan  bagi  Guru  dalam  Jabatan adalah kemudahan dalam proses perkuliahan, dimana guru mengikuti perkuliahan tanpa harus   meninggalka tuga da kewajibanny sebaga guru   da jug memperoleh pengakuan  pengalaman  kerja  dan  hasil  belajayang dikonversi  dalam  Sistem  Kredit Semester (SKS) melalui penilaian portofolio yang disusun oleh guru.

Program   Sarjana   (S1)   Kependidikan   bagi   Guru   dalam   Jabatan   di   Universitas Muhammadiyah Malang adalah sebagai berikut :

 

·    Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

 

·    Pendidikan Bahasa Inggris

 

·    Pendidikan Pkn

 

 

Pejabat:

Ketua Program SKGJ Dr. Poncojari Wahyono, M.Kes

Sekretaris Program SKGJ Drs. Djoko Asihono
 










 
 
    


                      






 


 

 

Shared: